Minggu, 14 Agustus 2016

Rangkaian Seri dan Paralel Kapasitor

Dalam dunia elektronika nilai kapasitor terdiri dari beberapa nanofarad sampai ratusan farad. Sehingga produsen kapasitor tidak mungkin menyediakan nilai kapasitor yang kita inginkan. Pada kondisi tertentu seorang penghobi elektronika atau teknisi harus melakukan beberapa variasi rangkaian agar mendapat nilai kapasitor yang kita inginkan. 

Berikut adalah daftar tabel nilai kapasitansi yang ada di pasaran:

Dapat dilihat di daftar diatas setidaknya hanya ada sekitar 133 nilai kapasitor yang ada dipasaran. Sehingga perlu membuat rangkaian seri atau paralel, untuk mendapatkan kapacitor yang dibutuhkan. Berbeda dengan rangkaian resistor nilai kapacitor akan menjadi lebih rendah apabila dirangkai secara seri dan akan bertambah besar jika dirangkai secara paralel.

Rangkaian Seri Kapacitor
Rangkaian seri kapacitor adalah rangkaian kapasitor yang terdiri dari dua atau lebih kapasitor yang dirangkai secara seri.
Gambar rangkaian seri kapasitor

Dengan rangkaian seri ini kita dapat menentukan nilai kapasitor pengganti yang kita inginkan dengan menggunakan rumus:

1/C seri = 1/C1 + 1/C2.....+ 1/Cn..

Dimana:
C seri = adalah nilai kapasitor pengganti yang kita inginkan
C1 = nilai kapasitor ke-1`
C2 = nilai kapasitor ke-2
Cn = nilai kapasitor ke-n




Rangkaian Paralel Kapasitor

Rangkaian paralel kapacitor adalah rangkaian kapasitor yang terdiri dari dua atau lebih kapasitor yang dirangkai secara paralel. Dengan menggunakan rangkaian ini kita mendapat nilai kapasitor yang lebih besar ketika merangkai dengan cara paralel. Berikut adalah rangkaian dan rumus untuk mendapat nilai kapsitor pengganti.

Dimana:
C total = adaah nilai penjumlahan Kapasitor
C1 = adalah nilai kapasitor ke-1
C2 = adalah nilai kapasitor ke-2
C3 = adalah nilai kapasitor ke-3









Tidak ada komentar:

Posting Komentar