Selasa, 15 Desember 2015

DIODA

Dioda merupakan komponen aktif yang berfungsi sebagai komponen penyearah. Dioda terbuat dari bahan semikonduktor jenis silikon dan germanium. Dioda disusun menggunakan semikonduktor jenis p sebagai kutub (+) dan semikonduktor jenis n sebagai kutub (-).

Karena dioda termasuk komponen aktif, arus listrik akan dilewatkan jika tegangan yang dikenakan pada dioda lebih dari 0,7 volt untuk dioda berbahan silikon dan 0,3 volt untuk dioda berbahan germanium. Jika tegangan yang dikenakan ke dioda kurang dari nilai tersebut maka arus listrik tidak akan dilewatkan.

Jenis-jenis Dioda
Dioda dibagi ke dalam beberapa jenis yaitu dioda penyearah, dioda zener dan dioda foto. Dibawah ini dapat kita baca penjelasan untuk jenis-jenis dioda tersebut:

1. Dioda Penyearah
Dioda ini akan meneruskan arus listrik jika tegangan yang diberikan searah dengan arah pada dioda (bias maju) dari kutub (+) ke kutub (-) dan tegangan yang diberikan lebih besar dari pada tegangan minimum dioda. Jika arus yang diberikan berlawanan arah dengan arah dioda (bias mundur) maka arus tidak akan dilewatkan. Dioda penyearah biasanya digunakan pada power suplay untuk tegangan dc sebagai penyearah tegangan bolak-balik.
Gambar dioda penyearah

2. Dioda Zener
Dioda zener sama seperti biasa, tetapi dioda ini mempunyai kemampuan mengalirkan arus pada bias mundur. Kemampuan mengalirkan arus pada bias mundur ini tergantung batasan dari dioda zener tadi. Misal untuk dioda zener dengan batas tegangan 5 Volt maka tegangan yang harus kita berikan pada tegangan bias mundur harus lebih besar dari 5 Volt, Karena sifatnya ini dioda zener cocok digunakan sebagai pembatas tegangan dan pengaman dari tegangan balik.
Gambar dioda Zener

3. Light Emitting Diode (LED)
LED mengubah enerrgi listrik menjadi energi cahaya jika diberi tegangan maju. LED dibuat dari bahan semikonduktor. Warna-warna yang dihasilkannya berasal dari jenis bahan semikonduktor yang digunakan. Untuk mengetahui kaki anoda (+) dan katoda (-) kita dapat melihat dari bentuk LED. Kaki anoda (+) lebih panjang dan tidak ada bagian flat. Untuk kaki katoda (-) kaki lebih pendek dan ada bagian flat.

Gambar LED


Tidak ada komentar:

Posting Komentar